Home » Internet » Tim Berners-Lee, Ilmuwan Komputer Penemu World Wide Web

Tim Berners-Lee, Ilmuwan Komputer Penemu World Wide Web

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, dikenal juga sebagai TimBL atau TBL, adalah seorang ilmuwan komputer yang menemukan World Wide Web.

Guna memajukan World Wide Web, Tim Berners-Lee tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas hingga saat ini.

Anak dari ilmuwan komputer

Berners-Lee lahir di London, Inggris pada tanggal 8 Juni 1955. Ia merupakan anak tertua dari Mary Lee Woods dan Conway Berners-Lee.

Orangtuanya adalah ilmuwan komputer yang bekerja pada komputer komersial pertama, Ferranti Mark 1.

Pada tahun 1990, ia menikah dengan Nancy Carlson, seorang programmer komputer Amerika yang juga bekerja di Swiss, tepatnya di Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization). Pada tahun 2011, mereka bercerai.

Kemudian pada tahun 2014, Berners-Lee menikah dengan Rosemary Leith di London. Leith adalah pengusaha internet dan perbankan Kanada. Leith juga merupakan direktur pendiri World Wide Web Foundation Berners-Lee.

Ketua W3C

Berners-Lee merupakan ketua World Wide Web Consortium (W3C) dan juga pendiri World Wide Web Foundation.

Ia juga merupakan seorang direktur dari Web Science Research Initiative (WSRI) dan anggota dewan penasihat dari MIT Center for Collective Intelligence.

Pada tahun 2011, ia ditunjuk sebagai anggota dewan pengawas Ford Foundation.

Pendiri Open Data Institute

Berners-Lee bersama dengan Nigel Shadbolt mendirikan Open Data Institute (ODI) pada tahun 2012.

ODI adalah perusahaan swasta nirlaba berbasis di Inggris yang memiliki misi untuk menghubungkan, melengkapi dan menginspirasi orang di seluruh dunia untuk berinovasi dengan data.

Menurut ODI, data bisa dianggap terbuka apabila mudah diakses (biasanya berarti dipublikasikan di World Wide Web) dan tersedia dalam format yang dapat dibaca oleh mesin serta memiliki lisensi yang memungkinkan siapapun untuk mengakses, menggunakan, dan membagikannya secara komersial maupun nonkomersial.

Pendidikan Berners-Lee

Berners-Lee bersekolah di Sheen Mount Primary School dan kemudian melanjutkan ke Emanuel School di London dari tahun 1969 hingga tahun 1973.

Ia belajar di The Queen’s College, Oxford dari tahun 1973 sampai 1976. Saat di universitas ia membuat komputer dari televisi lama yang ia beli dari sebuah bengkel.

Kemudian Berners-Lee bekerja sebagai kontraktor independen di CERN dari bulan Juni hingga Desember 1980.

Menciptakan ENQUIRE

Pada tahun 1980, ketika masih bekerja di CERN, Berners-Lee mengajukan proyek berbasis konsep hypertext untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan Robert Cailliau, Berners-Lee menciptakan sistem prototipe bernama ENQUIRE.

ENQUIRE adalah sebuah program hypertext sederhana yang merupakan pendahulu World Wide Web. Program ini ditulis dalam bahasa pemrograman Pascal.

ENQUIRE memiliki halaman yang disebut sebagai kartu dan memiliki hyperlink di dalam kartu tersebut.

Setelah meninggalkan CERN pada akhir tahun 1980, Berners-Lee bekerja di John Poole’s Image Computer Systems, Ltd yang terletak di Bournemouth. Dia menjalankan sisi teknis perusahaan selama 3 tahun. Proyek yang dikerjakannya memberi Berners-Lee pengalaman dalam jaringan komputer.

Menciptakan WWW

Pada tahun 1984, Berners-Lee kembali ke CERN. Ia menggunakan ide yang mirip dengan yang telah ia gunakan pada ENQUIRE untuk menciptakan World Wide Web.

Ia juga mendesain dan mengembangkan browser pertama dengan nama WorldWideWeb dan web server pertama dengan nama CERN HTTPd (Hypertext Transfer Protocol daemon).

Website pertama yang dibuat oleh Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ dan online untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Agustus 1991.

info.cern.ch adalah alamat dari website dan web server pertama di dunia yang berjalan pada komputer NeXT di CERN. Halaman web pertama memiliki alamat di http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html.

Pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang hypertext, detail teknis untuk membuat halaman web mereka sendiri, dan penjelasan tentang cara mencari informasi di web.


Mendirikan W3C

Pada tahun 1994, Berners-Lee mendirikan W3C setelah dia meninggalkan CERN.

W3C didirikan di Massachusetts Institute of Technology Laboratory for Computer Science (MIT/LCS) dengan dukungan dari European Commission dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), yang telah mempelopori ARPANET, salah satu pendahulu internet.

W3C juga terlibat dalam pendidikan dan penjangkauan, mengembangkan perangkat lunak dan berfungsi sebagai forum terbuka untuk diskusi tentang web.

Referensi:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web_Consortium


W3C terdiri dari berbagai perusahaan yang bersedia untuk menciptakan standar dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas web.

Penghargaan Berners-Lee

Berners-Lee telah menerima banyak penghargaan.

Ia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II dalam Penghargaan Tahun Baru 2004 “untuk layanan pengembangan global internet”.

Pada tahun 2013, ia dianugerahi Queen Elizabeth Prize for Engineering.

Pada tanggal 4 April 2017, ia menerima 2016 ACM Turing Award “untuk menciptakan World Wide Web, web browser pertama serta protokol dan algoritma dasar yang memungkinkan web untuk berkembang”.

Referensi:

Leave a Comment

Your email address will not be published.