Home » Internet » Sejarah dan Perkembangan Search Engine (Mesin Pencari)

Sejarah dan Perkembangan Search Engine (Mesin Pencari)

Search engine (mesin pencari) yang sangat berguna untuk memudahkan pencarian di dunia maya menjadi salah satu layanan yang diandalkan oleh pengguna internet.

Dengan bantuan mesin pencari, penggunanya dapat menemukan informasi mengenai berbagai hal dengan cepat.

Pada umumnya orang yang mencari sesuatu di internet memanfaatkan search engine karena kemudahan dan kecepatan yang bisa diberikan. Saat ini, bisa dibilang Google menjadi yang paling banyak digunakan dalam urusan yang satu ini.

Sejarah Search Engine

Pada awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat website yang berisikan daftar situs-situs yang ada di internet. Daftar yang ia buat ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia setelah semakin banyak website bermunculan.

Pada tahun 1990, mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill di Amerika Serikat bernama Alan Emtage, Bill Heelan, dan J. Peter Deutsch membuat Archie yang digunakan untuk melakukan pencarian di internet.

Cara kerja Archie adalah dengan mendownload daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp dan kemudian memuatnya hingga memungkinkan pencarian.

Pada tahun 1993, muncul mesin pencari lain bernama Aliweb.

Pada tahun 1994, tepatnya pada bulan Januari, didirikan Yahoo! Inc. oleh Jerry Yang dan David Filo.

Yahoo! Inc. merupakan perusahaan internet yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

Beberapa layanan yang terkenal dari perusahaan ini adalah Yahoo! Search (sebagai mesin pencari), Yahoo! Mail dan Yahoo! Messenger (untuk bertukar pesan), serta Yahoo! Answers (sebagai media tanya jawab).

Untuk menyempurnakan mesin pencarinya (Yahoo! Search), pada tanggal 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox yang juga merupakan mesin pencari.

Yahoo juga memperkenalkan sistem pencarian khusus untuk ponsel dengan nama oneSearch pada tanggal 20 Maret 2007.

Yahoo kemudian resmi diakuisisi oleh perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat bernama Verizon Communications Inc. pada tanggal 25 Juli 2016.

Pada tahun 1994, juga ditemukan mesin pencari lainnya oleh Steve Kirsch, yaitu Infoseek.

Awalnya Infoseek dioperasikan oleh Infoseek Corporation yang berpusat di Sunnyvale, California dan kemudian dibeli oleh The Walt Disney Company pada tahun 1999.

Masih di tahun 1994, Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat memperkenalkan proyek Lycos yang kemudian menjadi perusahaan.

Bob Davis yang menjadi CEO dari perusahaan Lycos berkonsentrasi untuk membangun Lycos dengan dukungan iklan.

Lycos menjadi salah satu perusahaan internet pertama yang berhasil memperoleh laba, yaitu pada tahun 1997 dan kemudian menjadi website yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 1999.

Pada tahun 1995, dibentuk mesin pencari AltaVista. Mesin pencari ini dibeli oleh Yahoo! pada tahun 2003.

Layanan AltaVista kemudian ditutup oleh Yahoo! pada tanggal 8 Juli 2013. Semenjak itu pengguna yang mengunjungi homepage dari AltaVista diarahkan ke halaman utama Yahoo!.

Pada tahun 1996, Ask.com (dengan nama awal Ask Jeeves) yang merupakan bisnis elektronik dan mesin pencari web tanya jawab didirikan oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat.

Ask.com saat ini dimiliki oleh InterActiveCorp.

Pada tahun 1997, Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan Google Search dengan tujuan utamanya adalah untuk mencari teks di dokumen-dokumen yang tersedia di web server.

Google Search adalah mesin pencari yang dimiliki oleh Google Inc. Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya.

Setelah Yahoo mampu berada pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos persaingan antar mesin pencari yang ada sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama.

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan pada bulan Agustus 2007 mengalahkan pesaing terdekatnya saat itu, yakni Yahoo!.

Pada tahun 1999, search engine dengan nama AlltheWeb diluncurkan dan kemudian ditutup pada tanggal 4 April 2011.

Pada tanggal 18 Januari tahun 2000, Baidu, Inc. didirikan. Baidu, Inc. merupakan perusahaan layanan web yang memiliki pusat di Distrik Haidian, Beijing, RRC.

Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencari untuk website, audio dan gambar dalam aksara Mandarin.

Pada tahun 2009, yakni tanggal 28 Mei, Steve Ballmer yang merupakan CEO Microsoft memperkenalkan search engine dengan nama Bing di San Diego, Amerika Serikat dan kemudian resmi diluncurkan pada 1 Juni 2009.

Bing diciptakan dengan teknologi PowerSet yang telah dibeli oleh Microsoft pada tahun 2008. Dengan teknologi ini pengguna dapat memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat.

Sebelum Bing, Microsoft juga telah menciptakan search engine lain, yaitu MSN Search yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1998. Setelah itu, Microsoft meluncurkan Windows Live Search pada tahun 2006. Kemudian Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search hingga akhirnya diciptakan Bing.

Penutup

Demikianlah perkembangan search engine dilihat dari sejarahnya dan sekarang dapat digunakan dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lycos

https://en.m.wikipedia.org/wiki/AltaVista

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yahoo!

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ask.com

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Infoseek

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Google_Search

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Google

https://en.m.wikipedia.org/wiki/AlltheWeb

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Baidu

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bing

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.