Home » Website » Sejarah & Perkembangan Website, Berawal dari Tim Berners-Lee

Sejarah & Perkembangan Website, Berawal dari Tim Berners-Lee

Website ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee dan website yang pertama kali tersambung dengan jaringan terjadi pada tahun 1991.

Berners-Lee merancang website dengan maksud untuk memudahkan tukar-menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Berners-Lee bekerja untuk CERN

Awalnya pada tahun 1980, Tim Berners-Lee dikontrak oleh CERN dari bulan Juni sampai Desember.

Pada tahun 1984, Berners-Lee kembali bergabung ke CERN secara permanen.

Tidak lama kemudian protokol TCP/IP dipasang pada beberapa mesin non-Unix utama di institusi tersebut.

Hal ini mengubahnya menjadi situs internet terbesar di Eropa dalam beberapa tahun.

Pada bulan September 1990, Berners-Lee dan Robert Cailliau mengajukan gagasan milik Berners-Lee ke Konferensi Eropa tentang Teknologi Hypertext, tapi tidak menemukan vendor yang dapat menghargai visinya dalam menggabungkan hypertext dengan internet.

Tool untuk membuat web

Saat Natal pada tahun 1990, Berners-Lee telah membangun semua tool yang diperlukan untuk membuat sebuah web dapat berfungsi, yaitu:

  • HyperText Transfer Protocol (HTTP) 0.9
  • HyperText Markup Language (HTML)
  • Web browser pertama dengan nama WorldWideWeb
  • Perangkat lunak server HTTP pertama yang kemudian dikenal dengan CERN httpd
  • Server web pertama (http://info.cern.ch)
  • Halaman web pertama (yang menggambarkan proyek tersebut).

Pada tanggal 6 Agustus 1991, Berners-Lee memposting ringkasan singkat dari proyek World Wide Web tersebut di newsgroup alt.hypertext.

WWW tersedia gratis

Pada bulan April 1993, CERN membuat World Wide Web tersedia secara bebas.

Kemudian pada bulan Oktober 1993, terdapat lebih dari 500 server yang online.

Pada akhir tahun 1994, cukup banyak website terkenal yang sudah aktif. Banyak di antaranya adalah pendahulu atau contoh inspirasi dari layanan-layanan paling populer saat ini.

Browser Mosaic mempopulerkan web

Web pertama kali dipopulerkan oleh Mosaic, browser grafis yang diluncurkan pada tahun 1993.

Browser tersebut diluncurkan oleh tim Marc Andreessen di NCSA (National Center for Supercomputing Applications) yang ada di UIUC (University of Illinois at Urbana-Champaign).

Versi Unix dari Mosaic dirilis pada bulan Februari 1993 oleh Andreessen dan Eric Bina, siswa yang bekerja di NCSA. Kemudian versi Mac dan Windows menyusul pada Agustus 1993.

Browser tersebut mendapatkan popularitas karena dukungan kuat dari multimedia terintegrasi dan respon cepat penulis terhadap laporan bug pengguna dan rekomendasi untuk fitur baru.

Setelah lulus dari UIUC, Andreessen dan James H. Clark, mantan CEO Silicon Graphics bertemu dan membentuk Mosaic Communications Corporation pada April 1994 untuk mengembangkan browser Mosaic Netscape secara komersial.

Perusahaan tersebut kemudian mengubah namanya menjadi Netscape.

Browser ini dikembangkan lebih lanjut sebagai Netscape Navigator.

W3C didirikan

Pada bulan September 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology dengan dukungan dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan European Commission.

W3C terdiri dari berbagai perusahaan yang bersedia untuk menciptakan standar dan rekomendasi guna meningkatkan kualitas web.

W3C memutuskan bahwa standarnya harus didasarkan pada teknologi bebas royalti, sehingga dapat dipakai dengan mudah oleh siapapun.

Pemasaran secara online

Semakin banyak pengecer konvensional yang menemukan bahwa perdagangan online adalah sumber pendapatan tambahan yang menguntungkan.

Media tradisional seperti penerbit surat kabar dan penyiar juga menemukan web sebagai saluran tambahan yang berguna dan menguntungkan untuk mendistribusikan konten dan menghasilkan pendapatan dari iklan.

Beberapa perusahaan menemukan kesuksesan mengembangkan model bisnis yang membantu untuk membuat World Wide Web menjadi sebuah pengalaman yang lebih menarik. Di antaranya:

  • Situs pemesanan maskapai
  • Mesin pencari Google
  • Situs lelang eBay
  • Department store online Amazon.com
  • Situs jejaring sosial seperti MySpace dan Facebook

Youtube dibuat

Pada tahun 2005, tiga mantan karyawan PayPal membuat sebuah website untuk menonton video yang disebut YouTube. YouTube dengan cepat menjadi populer.

Popularitas YouTube, Facebook, dll, juga dengan meningkatnya ketersediaan dan keterjangkauan koneksi berkecepatan tinggi telah membuat konten video menjadi jauh lebih lazim di semua jenis website.

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Situs_web

https://en.m.wikipedia.org/wiki/History_of_the_World_Wide_Web


Leave a Comment

Your email address will not be published.