Home » SEO » Pengertian SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarah Singkat serta 5 Manfaatnya

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarah Singkat serta 5 Manfaatnya

Kebutuhan akan informasi sudah dapat terpenuhi dengan adanya internet. Search engine (mesin pencari) akan sangat membantu para pengguna internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Apa itu search engine?

Saat sesorang mencari sesuatu melalui search engine maka akan muncul daftar situs dengan informasi singkat seperti judul dan deskripsinya. Daftar yang muncul akan diurutkan berdasarkan algoritma dari mesin pencari.

Pemilik web tentu ingin agar situsnya dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian bahkan jika bisa berada pada urutan pertama. Untuk dapat melakukannya dibutuhkan teknik optimasi mesin pencari atau dalam bahasa inggris disebut Search Engine Optimization (SEO).

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Mungkin masih banyak pemilik web yang belum tahu apa itu SEO, khususnya yang masih baru memulai.

SEO adalah teknik atau upaya yang dilakukan agar suatu website berada pada urutan teratas dari suatu mesin pencari, menyesuaikan dengan algoritma dari mesin pencari tersebut.

Pemilik web tidak harus melakukan SEO secara mandiri. Sekarang ini banyak penyedia jasa SEO yang dapat membantu untuk melakukan hal tersebut dengan biaya tertentu.

Sejarah Singkat

Awalnya algoritma pencarian didasarkan pada meta tag yang terdapat pada kode html website.

Meta tag ini berisi informasi singkat mengenai halaman web, seperti deskripsi dan kata kunci (keyword).

Ada sebagian webmaster yang melakukan cara curang dengan membuat kata kunci yang tidak sesuai dengan konten.

Ini tentu dapat memberikan hasil pencarian yang salah oleh mesin pencari dan bisa membuang waktu para pencari informasi dengan sia-sia karena tidak menemukan informasi yang dicari dengan cepat.

Kemudian masalah ini berusaha diatasi oleh dua mahasiswa ilmu komputer dari Universitas Stanford bernama Larry Page dan Sergey Brin. Mereka membangun mesin bernama Backrub untuk mengurutkan posisi halaman web pada pencarian dengan berdasarkan perhitungan matematika.

Algoritma yang digunakan tersebut dinamakan Pagerank.

Pagerank akan memberikan peringkat bagi website berdasarkan jumlah dan kualitas link yang mengarah ke website tersebut atau disebut juga sebagai backlink.

Besarnya pagerank akan dapat meningkat dengan lebih cepat jika menerima backlink dari website yang berkualitas tinggi dibanding website dengan kualitas rendah.

Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google sebagai versi lanjutan dari Backrub.

Saat ini, Google mampu memberi kepuasan kepada para pencari informasi karena dapat memberikan hasil pencarian yang berkualitas.

Manfaat dari Penerapan SEO

Secara umum manfaat dari SEO adalah supaya website yang dioptimasi dapat terlihat dengan mudah oleh pengguna search engine dengan harapan traffic atau pengunjung ke website tersebut dapat meningkat.

Lebih spesifik lagi, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika sukses menerapkan teknik-teknik SEO dengan benar.

1. Pendapatan dari iklan meningkat

Iklan menjadi salah satu sumber pendapatan dari sebuah website. Salah satu program periklanan yang banyak digunakan oleh para pemilik web adalah google adsense.

Orang yang memasang adsense ke dalam websitenya disebut juga sebagai publisher. Setiap iklan yang diklik akan memberikan penghasilan bagi publisher.

Dengan semakin banyaknya orang yang mengunjungi sebuah website yang sudah terpasang adsense, kemungkinan dikliknya akan semakin besar sehingga pendapatannyapun dapat menjadi semakin besar.

Selain dari adsense, dengan pengunjung yang besar kemungkinan pengiklan yang langsung memesan ke pemilik web juga dapat meningkat.

Ini juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan dari web.

Iklan yang akan dipasang dapat berupa banner (berupa gambar) maupun teks atau mungkin dalam bentuk lainnya.

2. Tingkat penjualan produk bertambah

SEO yang sukses akan diikuti dengan peningkatan traffic web. Bagi yang memanfaatkan sebuah website untuk menjual suatu produk, ini akan dapat meningkatkan penjualannya dengan pesat.

Tentunya ini juga bergantung dari produk yang dijual, apakah memiliki kualitas dan manfaat yang dibutuhkan atau tidak.

3. Membangun kepercayaan dan reputasi

Walaupun juga tergantung konten atau isi dari suatu web. Apakah informasi yang diberikan berkualitas dan bagaimana cara penyampaiannya. Sedikit banyak juga pengaruh template atau desain web.

Karena jika tata letaknya berantakan akan tidak nyaman membacanya.

Karena salah satu algoritma dari google adalah hits atau jumlah klik.

Jika artikel dari sebuah website banyak yang memiliki posisi bagus di search engine, ini akan dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.

Dan mungkin bisa menjadi rujukan utamanya…

4. Memudahkan untuk membangun komunitas

Komunitas dapat dibangun dengan membuat web berupa forum online.

Dengan jumlah pengunjung yang besar, jumlah member pada forum online mungkin juga akan besar. Ini dapat membuat lebih banyak perbincangan di dalamnya sehingga forum menjadi aktif dan dapat membuat komunitas yang bagus pula.

Selain itu, blog ataupun jenis website lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk membentuk komunitas. Misalnya dengan bantuan media sosial seperti facebook fans page dan yang lainnya.

5. Menyediakan jasa SEO

Dengan keuntungan yang dapat diperoleh jika sukses melakukan optimasi mesin pencari, banyak pemilik web yang ingin bisa menerapkannya.

Akan tetapi tidak semua bisa melakukannya.

Hal ini membuat banyak juga yang menjual jasa untuk melakukan SEO. Ini juga bisa menambah penghasilan tentunya.

Penutup

Selain berdasarkan tingkat relevansi, banyaknya jumlah pengunjung organik ke suatu website yang berasal dari hasil pencarian search engine juga dapat mempengaruhi posisinya pada hasil pencarian.

Ini akan dapat meningkatkan kualitas hasil pencarian, karena pengunjung yang besar dapat menandakan bahwa website tersebut memiliki informasi yang berkualitas juga.

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.