Home » Internet » Pengertian Internet, Cara Kerja & Cara Mengaksesnya

Pengertian Internet, Cara Kerja & Cara Mengaksesnya

pengertian-internet-dan-cara-kerja-internet

Internet merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam membantu pekerjaan atau kegiatan setiap orang.

Dengan adanya internet, berbagai kegiatan dapat dilakukan meski dengan jarak yang sangat jauh.

Internet digunakan di berbagai aspek kehidupan, mulai dari keperluan pribadi hingga keperluan publik seperti pendidikan, kesehatan, pemerintahan dsb.

Internet dapat digunakan oleh siapa saja, akan tetapi tetap memperhatikan batasan-batasannya. Di Indonesia, penggunaan internet diatur dalam Undang Undang ITE.

Pengertian Internet

Apa itu internet?

Internet adalah singkatan dari interconnection-networking yang diartikan sebagai jaringan yang dapat menghubungkan berbagai perangkat (dengan sistem komputer) dengan menggunakan TCP/IP sebagai protokol penghubungnya.

TCP/IP itu sendiri adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data melalui internet ke seluruh tempat yang ada di dunia.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar internet, bisa melihat bagaimana sejarah internet dan perkembangannya.

Cara Kerja Internet

Bagaimana cara kerja internet? Secara sederhana internet bekerja pada tiga titik lokasi, yaitu:

  • Komputer yang digunakan untuk mengakses internet
  • ISP (Internet Service Provider)
  • Host server.

Pertama komputer yang digunakan untuk mengakses internet akan tersambung ke server ISP sebagai penyedia jasa sambungan internet yang dapat mengirimkan data melalui kabel, radio maupun VSAT.

Selanjutnya ISP yang menerima permintaan untuk mengakses internet dari komputer tersebut akan mengambil data dari host server. Host server ini merupakan tempat menyimpan kumpulan data seperti halaman website. Antara website yang satu dengan website yang lainnya mungkin memiliki server host yang berbeda.

Kemudian server host tersebut akan mengirimkan data ke ISP sesuai permintaan (request) dan selanjutnya data disalurkan ke komputer yang meminta data tersebut.

Cara Mengakses Internet

Untuk melihat suatu website dibutuhkan perangkat keras (hardware) seperti komputer, smartphone, dsb serta perangkat lunak (software) atau aplikasi untuk dapat mengaksesnya. Software tersebut disebut sebagai web browser.

Banyak browser yang ada saat ini. Beberapa di antaranya yang populer adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan Internet Explorer (IE) milik Microsoft.

Dari web browser tersebut dapat langsung dibuka alamat website yang ingin dilihat dengan cara menuliskan alamat website/situs pada address bar di browser.

Selain dengan cara langsung menuliskan alamat websitenya pada address bar pengguna juga dapat mencari website melalui sebuah mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, dll.

Dengan mengetikkan kata kunci ke dalam mesin pencari, Anda dapat melihat daftar website yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari.

Urutan pada daftar berdasarkan pada algoritma yang digunakan oleh masing-masing search engine (selain website yang menggunakan iklan berbayar). Dalam hal ini banyak pemilik website berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi terbaik dalam hasil pencarian pada search engine.

Hal itu disebut juga sebagai Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari.

Keamanan (Security) dalam Internet

Komputer bisa disusupi dengan program-program yang dapat mengubah sistem di dalam komputer dengan tujuan tidak baik bahkan dapat merusak komputer.

Program ini dapat mengakibatkan kerusakan ringan hingga kerusakan berat pada komputer seperti file yang tidak bisa dibuka bahkan terhapus.

Program ini disebut sebagai virus. Hal ini dapat diatasi atau dicegah dengan menggunakan anti virus. Akan tetapi ini juga tergantung dari si pengguna komputer.

Selain melalui media penyimpanan seperti flash disk, virus komputer juga dapat masuk melalui internet.

Selain dapat merusak komputer virus juga dapat diciptakan untuk melakukan tindakan kriminal seperti dengan mencuri data pada komputer. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh pengguna, apalagi terdapat data penting di dalamnya.

Salah satu tindakan kriminal yang pernah dilakukan, yaitu dengan merusak komputer hingga tidak bisa digunakan, kemudian pengguna diminta tebusan untuk dapat menggunakan komputernya kembali.

Untuk itu pengguna internet sebaiknya hati-hati dalam membuka website dan link yang terdapat di dalamnya.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk dijaga adalah data pada akun-akun yang dibuat seperti akun media sosial, akun yang digunakan untuk menjalankan bisnis, dan akun lainnya.

Kata sandi (password) yang dibuat pada suatu akun sebaiknya diubah secara berkala agar lebih susah untuk bisa diretas, terutama pada akun-akun yang memang sangat penting.

Selain itu, usahakan agar tidak sembarangan memberikan kata sandi kepada orang lain.

Salah satu cara yang digunakan oleh pencuri akun untuk mendapatkan password adalah dengan mengirimkan email yang mengatakan telah terjadi masalah pada akun Anda dan mereka meminta password dengan alasan untuk melakukan perbaikan.

Jangan diberikan begitu saja. Teliti lagi lebih lanjut. Seharusnya password Anda selalu dirahasiakan. Untuk itu, Anda harus selalu berhati-hati dan waspada.

Demikianlah artikel mengenai pengertian internet, bagaimana cara kerja internet, cara mengakses internet, dan sedikit mengenai security pada jaringan internet. Semoga artikel di atas dapat membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.