Home » Email » Apa itu Gmail, Sejarah, Fitur dan Kelebihannya?

Apa itu Gmail, Sejarah, Fitur dan Kelebihannya?

Layanan email seperti Yahoo! Mail dan Gmail dapat membantu penggunanya dalam mengirim surat maupun dokumen-dokumen lainnya secara online dengan mudah.

Walaupun saat ini sudah ada layanan pengirim pesan yang lebih praktis, email masih tetap sering digunakan. Selain untuk mengirim surat atau pesan, email juga sering dipakai untuk membuat sebuah akun.

Apa itu Gmail?

Salah satu layanan email yang banyak digunakan saat ini adalah Gmail dengan alamat website mail.google.com.

Gmail adalah layanan surat elektronik milik Google yang dapat diakses dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4.

Sejarah Gmail

Ide Gmail dikembangkan oleh Paul Buchheit beberapa tahun sebelum diumumkan ke publik. Proyek tersebut dikenal dengan nama kode Caribou.

Selama pengembangan awal, proyek tersebut dijaga kerahasiaannya dari sebagian besar insinyur-insinyur Google.

Paul Buchheit sendiri adalah seorang pengusaha dan insinyur komputer Amerika. Ia merupakan pencetus dan pengembang utama Gmail.

Paul Buchheit juga mengembangkan prototipe Google AdSense sebagai bagian dari pekerjaannya di Gmail.

Pada tanggal 1 April 2004, Gmail diluncurkan dalam bentuk beta. Peluncuran Gmail tersebut dilakukan dengan menggunakan sistem undangan.

Pada tanggal 10 Februari 2006, google meluncurkan uji Gmail untuk domain di San Jose City College yang menghosting akun Gmail dengan domain SJCC dan alat-alat admin untuk managemen akun.

Pada November 2006, Google menawarkan aplikasi Gmail berbasis java untuk telepon genggam.

Pada tanggal 7 Februari 2007, layanan Gmail tersedia untuk publik tapi masih tetap dalam bentuk beta.

Pada bulan Oktober 2007, Google memulai proses penulisan ulang bagian-bagian dari kode yang digunakan Gmail yang akan membuat layanannya menjadi lebih cepat dan juga menambahkan fitur-fitur baru. Gmail juga menambahkan dukungan IMAP pada bulan tersebut.

Kemudian pada tanggal 7 Juli 2009, layanan Gmail tidak lagi dalam bentuk beta.

Pada bulan Mei 2015, Google mengumumkan bahwa Gmail mempunyai 900 juta pengguna aktif, 75% diantara pengguna-pengguna tersebut menggunakannya pada perangkat seluler.

Sedangkan pada bulan Juli 2017, Google mengumumkan Gmail melewati 1,2 milyar pengguna aktif.

Fitur-fitur Gmail

Gmail menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam hal penyimpanan, pencarian, pengkategorian, dan sebagainya.

Penyimpanan

Untuk penyimpanan, Gmail diluncurkan dengan 1 GB ruang penyimpanan, lebih besar dibandingkan dengan yang ditawarkan pesaing-pesaingnya saat itu.

Pada tanggal 1 April 2005, batas penyimpanan dilipatgandakan menjadi 2 GB.

Kemudian pada 13 Mei 2013, Google mengumumkan total penyimpanan untuk Gmail, Google Drive, dan Google+ Photos hingga 15 GB.

Conversation view

Salah satu yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk conversation view dimana email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan. Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk melihat emailnya.

Pencarian

Dalam sistem pencariannya, Gmail mengaplikasikan teknologi pencarian Google yang memudahkan pengguna untuk mencari sesuatu dari emailnya.

Label

Selain itu juga disediakan kemampuan dalam melabeli email agar dapat disortir sesuai labelnya.

Inbox

Pada bulan Mei 2013, Google mengupdate kotak masuk Gmail dengan tab-tab yang membolehkan aplikasi untuk mengkategorikan email-email pengguna. Tab tersebut adalah Primary, Social, Promotions, Updates, dan Forums.

Spam filter

Gmail juga mempunyai fitur lain, yaitu spam filter. Ketika pengguna menandai sebuah email sebagai spam, hal ini memberikan informasi untuk membantu sistem mengidentifikasi pesan-pesan serupa untuk semua pengguna Gmail.

Bahasa

Pada Maret 2015, antarmuka Gmail mendukung bahasa sebanyak 72 bahasa.

Writing

Pada bulan Oktober 2013, Google menambahkan dukungan input tulisan tangan ke Gmail.

Kemudian pada Agustus 2014, Google membolehkan pengguna untuk mengirim dan menerima email dari alamat dengan tanda aksen dan huruf selain abjad Latin.

Keunggulan layanan Gmail

Gmail memiliki beberapa kelebihan diantaranya, Gmail merupakan layanan email yang memiliki kapasitas penyimpanan besar, lebih banyak dari situs lain seperti Yahoo! dan Hotmail.

Kelebihan lainnya dibanding layanan serupa, Gmail memperbolehkan pesan pribadi termasuk lampiran memiliki ukuran hingga 25 MB, lebih banyak daripada layanan surat web lainnya.

Selain itu, hingga Juni 2012, Gmail menjadi layanan email berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Pada Mei 2014, Gmail menjadi aplikasi pertama di Google Play Store yang mencapai satu milyar instalasi pada perangkat Android.

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gmail

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Gmail

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Google_Apps

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Paul_Buchheit

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.