Home » Media Sosial » Seputar Apa itu Facebook serta Sejarah dan Perkembangan Facebook

Seputar Apa itu Facebook serta Sejarah dan Perkembangan Facebook

Facebook merupakan salah satu layanan online yang banyak digunakan saat ini.

Walaupun banyak layanan serupa lainnya yang bermunculan, Facebook tetap saja masih banyak dipakai orang untuk berbagi cerita, pengalaman, informasi, dan sebagainya.

Lalu apa itu Facebook?

Facebook dengan nama perusahaan Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Layanan jejaring sosial ini mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan banner.

Facebook diluncurkan pada bulan Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya serta sesama mahasiswa Universitas Harvard.

Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.

Keanggotaan website ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford, hingga akhirnya dibuka untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Walaupun banyak juga yang melanggar persyaratan usia tersebut.

Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan Facebook. Setelah itu pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, bertukar pesan, bergabung dengan grup, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat informasi yang dibagikan.

Sejarah Facebook

Pada tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua, Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook.

Menurut The Harvard Crimson, situs ini menggunakan foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) online di sembilan asrama. Dua foto ditempatkan berdampingan pada satu waktu dan pengguna diminta untuk memilih.

Untuk menyelesaikan situs ini, Mark Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama.

Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, tetapi dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard.

Mark Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu. Zuckerberg terancam dikeluarkan, namun hukuman tersebut dibatalkan.

Pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan The Facebook dengan website thefacebook.com. Eduardo Saverin (pebisnis), Andrew McCollum (seniman grafis), Dustin Moskovitz (programmer), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan website ini.

Pada bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.

Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan ke beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004 dan seorang pengusaha bernama Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan.

Pada bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.

Perusahaan ini menghapus “The” dari namanya setelah membeli nama domain facebook.com pada tahun 2005. Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005.

Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya termasuk kepada karyawan Apple Inc. dan Microsoft.

Kemudian pada tanggal 26 September 2006, Facebook dibuka kepada setiap orang yang berusia 13 tahun ke atas dengan alamat email yang sah.

Pada tanggal 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook, sehingga Microsoft berhak untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.

Pada tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh fb.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tak disebutkan.

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Meta_Platforms

Leave a Comment

Your email address will not be published.